Categories
GAME INFORMASI

Patok Lele Game Tradisional Melayu

Patok Lele Game Tradisional Melayu yang mulai dikenal oleh banyak orang, saat dimainkan dalam film kartun produksi negara jiran Malaysia, Upin dan Ipin. Permain ini merupakan permain tradisional melayu.

Permain yang mengunakan dua buah batang kayu yang tidak sama Panjang ini. Berasal dari daerah Kampar Riau. Permain ini terus menyebar di sepanjang pulau Sumatera bahkan hingga ke Aceh.

Kayu yang digunakan pada permainan berdiameter kurang lebih tiga sentimeter. Panjang kayu pemukul kurang lebih empat puluh sentimeter, sedangkan Panjang kayu yang digunakan sebagai ‘anak’ kurang lebih sepuluh senti meter.

Inti dari Game rakyat ini adalah memukul kayu yang kecil sejauh mungkin, hingga tidak bisa ditangkap oleh kelompok lawan. Ini akan menjadi point bagi kelompok  yang melempar. Jika sebaliknya maka kelompok lawan akan mendapatkan kesempatan memukul.

Tehnik memukul memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Cara pertama anak kayu dimasukkan kedalam sebuah lubang ditanah. Lalu dengan kayu yang panjang tadi, anak kayu di cungkil lalu diterbangkan di udara.

Bisa juga dengan meletakkan anak kayu diatas dua buah kayu yang diberi jarak. Sama seperti cara pertama, anak kayu akan dicungkil oleh kayu yang Panjang hingga melayang diudara. Pihak lawan akan berusaha mengkap anak kayu ini.

Cara ketiga yaitu dengan memegang anak kayu pada satu tangan dan kayu pemukul pada tangan yang lainnya. Anak kayu dilemparkan ke udara, lalu dipukul dengan keras. Cara ini  mirip dengan memukul bola pada permain kasti.

Menangkap anak kayu memerlukan taktik khusus pada Game ini. Jika tidak berhati-hati kayu bisa mengenai pemain yang tentunsaja bisa menimbulkan nyeri. Tetapi keseruan permainan ini kadang membuat anak-anak lupa akan rasa sakit.

Permainnan ini sudah mulai jarang dimainkan, risiko cedera kadang membuat para orang tua melarang permainan ini. Lama kelamaan permainan ini bisa hilang dan tidak terlihat dimainkan lagi.

Di jaman modern seperi saat ini Anda perlu mengenali permainan game online selain game tradisional seperti di http://899cash.xyz/index.php?page=slots_lobby.

Jika kamu berminat untuk mencoba permainnan ini, bisa mengganti bahan kayu dengan bahan lainnya yang tidak menimbulkan cedera. Hal ini bisa menarik minat anak-anak mencoba kembali game tardisional yang hampir hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *