Categories
Kesehatan

Neuroplastisitas Membentang Kekuatan Otak

Neuroplastisitas Membentang Kekuatan Otak

Kasus untuk menjadi padat

Neuroplastisitas Membentang Kekuatan Otak

Belum lama berselang, diperkirakan kekuatan otak memuncak di awal usia setengah baya dan kemudian mulai menurun. Tetapi sejak itu kami telah belajar banyak tentang plastisitas otak kita — dan tentang apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi kemampuan kognitif jangka panjang kita.

Untungnya bagi kita, ada banyak yang bisa kita lakukan untuk melindungi kemampuan kognitif kita jauh di luar perjalanan ke-40 di sekitar matahari.

Terminologi otak

Neuron

Neuroplastisitas mengacu pada kemampuan neuron otak untuk terus berubah dan mengatur ulang untuk memenuhi tuntutan kehidupan yang dinamis. Beberapa pemain kunci termasuk neuron, yang merupakan sel yang mentransmisikan informasi ke sel saraf lain, otot, atau sel kelenjar melalui impuls listrik.

Neutrofin

Molekul kecil polipeptida yang disebut neutrofin meningkatkan regenerasi saraf. Secara khusus, faktor neutrofik yang diturunkan dari otak meningkatkan pembentukan neuron baru (ini disebut neurogenesis). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan neurodegeneratif mungkin merupakan hasil dari perubahan faktor dan reseptor neurotropik.

Sinapsis

Dendrit adalah struktur mirip cabang yang mengirimkan sinyal di sepanjang neuron, dan sinaps adalah persimpangan antara sel-sel otak. Ketika lahir, setiap neuron bayi memiliki sekitar 2.500 sinapsis. Pada usia tiga tahun, melalui proses sinaptogenesis, jumlah ini tumbuh menjadi sekitar 15.000 ketika anak mulai mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru.

Pada usia dewasa, pemangkasan sinaptik telah mengurangi jumlah ini sekitar setengahnya. Seiring bertambahnya usia, ini bisa menjadi masalah yang menyebabkan kunci mobil salah tempat pada hari yang sibuk, atau potensi penurunan kognitif seiring waktu.

Cadangan hipotesis

Menurut hipotesis cadangan, gangguan kognitif dimulai ketika kita menghabiskan sumber daya struktural dan kognitif kita. Hipotesis muncul dari pengamatan bahwa orang dengan berat otak lebih besar lebih kecil kemungkinannya menderita demensia dan bahwa orang yang menantang diri sendiri secara intelektual memiliki atrofi hippocampus yang lebih sedikit. (Hippocampus membantu mengkonsolidasikan informasi dan mendukung memori spasial.)

Dengan kata lain, semakin padat otak Anda, semakin baik Anda! Berikut adalah beberapa strategi sederhana untuk membangun otak yang lebih baik — lebih padat.

Berhati-hatilah

Penyimpangan mental sering terjadi karena kita tidak memperhatikan ketika melakukan kegiatan berulang. Untuk menjadi lebih sadar akan saat sekarang, goyangkan rutinitas Anda. Sikat gigi Anda dengan tangan yang tidak dominan. Ambil rute berbeda untuk bekerja.

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi perhatian juga dikaitkan dengan perubahan struktural dan fungsional di otak, mungkin karena neurogenesis, percabangan dendritik, dan sinaptogenesis. Mungkin juga bahwa perubahan terjadi akibat berkurangnya hormon stres kortisol setelah meditasi. Kortisol telah dikaitkan dengan gangguan memori.

Mainkan game pikiran

Berpartisipasi dalam kegiatan yang merangsang otak mendorong pengembangan cabang dan sinapsis dendritik baru, meningkatkan jaringan kapiler otak, dan meningkatkan neurogenesis.

Untuk menjaga agar otak Anda tetap berat, pelajari alat musik baru, dapatkan bahasa yang memungkinkan Anda bepergian ke tujuan baru, atau bergabunglah dengan kompetisi video game online. Penelitian menunjukkan bahwa permainan video yang menantang dapat memperkuat konektivitas materi putih, yang dapat meningkatkan komunikasi antara korteks otak.

Sosialisasi offline juga melindungi otak.

Terus bergerak

Olahraga tampaknya melindungi struktur dan fungsi otak, dengan penelitian yang menunjukkan hubungan antara kebugaran kardiovaskular yang lebih tinggi dan penurunan penurunan jaringan otak pada orang dewasa yang lebih tua. Studi praklinis juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan neurogenesis dewasa.

Dalam studi, olahraga secara konsisten terbukti bermanfaat bagi kesehatan otak di semua tingkat intensitas, mungkin dengan mengoptimalkan faktor neutrofik yang diturunkan dari otak. Latihan aerobik meningkatkan perhatian, kecepatan pemrosesan, dan memori, dan olahraga teratur dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan kognitif dan semua penyebab demensia.

Berapapun usia Anda, aktivitas fisik meningkatkan fungsi otak, belajar, dan daya ingat.

Beri makan otak Anda

Tentu saja, makanan memengaruhi fungsi otak. Diet tinggi gula meningkatkan peradangan, yang berhubungan dengan penurunan kognitif serta gangguan mood dan neurogeneratif.

Demikian pula, diet tinggi lemak berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit neurodegeneratif dan gangguan kognitif.

Sebaliknya, isi piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran dan nikmati jamu dan teh kuliner. Makanan nabati yang kaya polifenol ini dapat mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif dan penurunan kognitif terkait usia, mungkin dengan mempromosikan plastisitas sinaptik.

Sumber polifenol dengan sifat neuroprotektif, neurogenik, dan antiinflamasi termasuk curcumin, teh hijau, dan resveratrol.

Baunya tidak asing!

Indera penciuman adalah pemicu memori terkuat. Untuk mengunci informasi baru, sebarkan beberapa minyak atsiri saat Anda belajar. Mengendus aroma nanti dapat membantu mengingat segera.

TIP: Oleskan sedikit minyak pada kain katun!

B untuk otak

B12 melindungi selubung mielin di sekitar sel-sel saraf, dan antioksidan B6 melindungi neuron. Kekurangan B9 (asam folat) terkait dengan gangguan mental.

KIAT: Tambahan setiap hari dengan B kompleks dan kolin untuk mendapatkan semua manfaat B!

Suplemen

Jika menambah, cari bentuk curcumin dan resveratrol yang tersedia secara bio. Pastikan untuk memasukkan asam lemak omega-3 dari ikan dan minyak ikan, yang membantu membangun membran sel otak.

beranda

Minyak Ikan Omega-3